Rabu, 12 Oktober 2011

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial


Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan dinamis yang menyangkut hubungan antara individu dan individu, antara individu dan kelompok ,atau antara kelompok dan kelompok dalam bentuk kerja sama,persaingan,ataupun pertikain.
Ciri-ciri interaksi sosial adalah :
  1. pelakunya lebih dari satu orang
  2. ada komunikasi diantara pelaku melalui kontak sosial
  3. mempunyai maksud dan tujuan yang jelas
  4. ada dimensi waktu yang akan menentukan sikap aksi yang sedang berlangsung
contoh dari interaksi sosial adalah :
  • suatu kelompok organisasi dalam suatu partai,seorang Ketua dalam organisasi tersebut memberikan instruksi kepada anggota lainnya tentang melakukan strategi dalam mengkampanye kan partai tersebut supaya bisa terpilih.
  • seorang guru SD sedang memberikan pengajaran kepada muridnya.


Di dalam proses pembelajaran, banyak aspek yang perlu disampaikan dan diajarkan kepada anak didik. Aspek-aspek tersebut menjadi tanggungjawab dan kewajiban bagi guru untuk memberikannya saat membimbing anak-anak di setiap saatnya. Proses pembelajaran memberikan aspek-aspek tersebut bertujuan agar anak didik benar-benar menjadi orang-orang dengan kompetensi yang memadai, sesuai dengan kebutuhan hidup di masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, maka salah satu aspek yang harus diberikan kepada anak didik agar mempunyai kompetensi dalam pola pergaulan kemasyarakatan adalah interaksi sosial. Aspek interaksi sosial harus diberikan kepada anak didik agar pada saat berada di lingkungannya dapat menyesuaikan diri dengan sebaik-baiknya dan mempunyai kemampuan untuk memasuki dunia kehidupan sebagaimana mestinya. Dalam hal proses pembelajaran di sekolah, antar teman di sekolah atau di kelasnya masing-masing peran seorang guru benar-benar dibutuh-kan sebagai fasilitator.
Guru harus dapat menjadi fasilitator yang baik pada proses interaksi sosial ini sehingga anak tidak mengalami kesulitan ketika harus bertemu dan berkomunikasi dengan anak yang lainnya. Selama ini yang menjadi kendala di dalam peningkatan kemampuan anak dalam proses interaksi sosial adalah fasilitasi yang kurang maksimal dari gurunya.





sumber:
-www.google.com
-wartawarga gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar